Sabtu, 19 Desember 2015

Keajaiban Wudlu



Oleh: Syaikhul ‘Ibad (IXD)

Shobat-Shobat semua pasti sudah tahu betul apa itu wudlu. Apakah tujuannya dan bagaimana tatacaranya, Shobat pastisudah hafal. Tahu tidak shob? Wudlu itu artinya bersih dan indah. Atau meurut istilah berwudlu adalah kegiatan membersihkan diri dari hadas kecil dengan rukun dan ketentuannya.
Eits... Shobat tahukan rukun-rukunnya wudlu. Nih Kamus kasih tahu dulu biar lebih ingat lagi. Rukunnya wudlu itu ada enam. Yang pertama yakni niat, yag kedua membasuh wajah ketiga membasuh tangan sampai dengan siku-siku, dilanjutkan yang keempat mengusap sebagian kepala, disambung yang keenam yaitu membasuh kaki sampai mata kaki, dan yang terakhir adalah melakukan lima perkara tadi secara urut dan tertib.
Penting sekali lho shob berwudlu itu. Shobat tahukan banyak hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang batal wudlunya. Seperti sholat, thawaf, menyentuh Al-Qur’an dan lain-lain.  Jadi sudah menjadi kewajiban setiaporang muslim untuk bisa berwudlu. Karena rukun islam yag kedua dan lima tidak akan sah jika tidak didahului berwudlu. Tapi Kamus percaya deh kalau Shobat-Shobat ini pasti sudah akrab dengan kegiatan satu ini.
Pernahkah Shobat membayangkan kalau bewudlu itu bermanfaat bagi kesehatan? Itu adalah kenyataan yang sudah pasti karena telah diteliti. Mau tahu nih? Langsung saja deh. Cekidot...
1.   Refleksi
Tahukah Shobat bahwa bagian-bagian yang kita basuh saat berwudlu adalah bagian tubuh yang memiliki syaraf-syaraf peka. Dan sangat sensitif saat tersentuh air segar. Seperti di sebelah dahi, tangan, dan kaki. Sudah diteliti langsug lho shob! Oleh Prof. Leopod Werner Von E. dari Austria.
2.   Menormalkan detak jantung
Ada seseorang yang pernah meneliti, dia adalah Ahmad Syauqy Ibrahim. Beliau mengatakan “Saya dan para pakar lain telah sampai pada kesimpulan bahwa pencelupan tubuh ke air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, megurangi kekejangan pada syaraf dan otot, serta menormalkan detak jantung.”
3.   Mencegah kanker kulit
 
Pasti sudah tahu kan dengan peyakit mengerikan yang satu ini. Aduh, amit-amit deh kalau sampai kita terjangkit. Nah, Shobat pasti baru tahu kalau wudlu adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah kanker kulit. Ada sebuah buku yang menulis bahwa salah satu penyebab kanker kulit adalah banyaknya bahan kimia yang menempel pada kulit. Dengan berwudlu akan membuat bahan kimia tersebut larut dalam air.
4.   Mencerahkan kulit
Kita tidak perlu membuang uang hanya untuk membeli make up mahal, demi memperoleh wajah yang cerah. Sebenarnya ada cara lain yang lebih murah yaitu dengan berwudlu setiap sebelum tidur. Menurut pakar kecantikan berwudlu dapat menghilangkan noda membandel.
Selain itu, ada hadisnya lho Shob kalau berwudlu sebelum tidur itu sunnah.
“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudlu terlebih dahulu sebagaimana wudlumu untuk melakukan sholat.”(H.R. Syaikhoni)
5.   Upaya menstimulasi syaraf pusat
Seorang psikiater pernah meneliti bahwa dengan menyentuhkan air ke bagian-bagian yang sensitif dapat juga dikatakan kita sdang secara tidak langsung melakukan stimulasi pada otak.
6.   Menyembuhkan Insomnia
Adakah Shobat yang pernah terkena gangguan satu ini? Yup! Insomnia memang banyak menyerang para remaja. Padahal menurut pakar kesehatan tidur terlalu malam dapat merusak organ tubuh kita secara otomatis. Nah mengambil air wudlu sebelu tidur adalah salah satu cara untuk menyingkirkan insomnia.

Tuh kan Shob ada banyak sekali manfaat dari berwudlu. Eits, tapi itu belu selesai lho shob. Masih ada lagi manfaat-manfaat wudluyang lain. Kalau tadi manfaat wudlu yang berkaitan dengan kesehata, sekarang kita bahas manfaat wudlu yang berkaitan dengan agama.
1.   Menggugurkan Dosa
Semua manusia pasti tidak luput dari dosa. Dan menurut salah satu hadist nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim “Barang siapa berwudlu dengan baik maka akan keluar dosanya dari tubuhnya sampai ada yang keluar dari bawah kukunya.
2.   Ketika mati dianggap syahid
Dalam sebuah kitan yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Umar An Nawawi Al-Mantany di buku Tanqih Al-Qand Al-Hatsi menyebutkan bahwa seorang yang wudlu sebelum tidur akan mendapatkan manfaat. Yakni ketika ia mati maka diaggap mati syahid.
Ada juga hadist rasul dari sanad Umar bin Haris. “Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan berwudlu, maka apabila ia mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid di sisi Allah.” Intinya adalah seorang muslim yang tidur dalam keadaan suci, berwudlu, maka ia mendapatkan posisi tinggi di sisi Allah.
3.   Didoakan oleh malaikat
Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban menyebutkan bahwa muslim yang berwudlu, ketika ia bangun akan didoakan oleh malaikat. “Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci, maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hambamu si Fulan, karena ia tertidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’.”
Shobat baru tahu kan ada manfaat yang begitu banyak dari berwudlu yang kita anggap sepele.  Mulai hari ini Shobat rajin-rajin berwudlu ya! Eits, tidak hanya itu lho shob, masih ada ribuan manfaat dari berwudlu yang tidak Kamussebutkan. Pokoknya setelah berwudlu Shobat akan merasakan sendiri bagaimana manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto