Sabtu, 19 Desember 2015

Jangan Gundah Ada Muhadatsah



Kaifa Khalukum Ya Shobat? Hehehe maaf ya Shob, Kamus tidak ahli berbahasa Arab. Tetapi tenang saja Shob, Kamus bakal belajar kepada orang yang ahli ini.
Perum Puri Mojo Baru blok. EJ 28 adalah tempat beliau bersama keluarganya bernaung. Taufiq Hanif,S.T. adalah suami tercintanya. Perempuan berkelahiran Ponorogo, 12 Desember 1971 ini telah dikaruniai dua anak. Yakni Dheehan Helmafika Hanif dan Syaifunnuha Amami Hanif. Beliaulah guru Bahasa Arab MI. Al-Musthofa, Laila Rachmawati Hidana,S.Ag. berikut wawancara Kamus beberapa waktu yang lalu.

Kenapa Ibu memilih Bahasa Arab?
 Karena Bahasa Arab itu bahasanya Al-Qur’an. Dan Al-Qur’an adalah sastra tertinggi. Selain itu, Bahasa Arab merupakan Bahasa yang kaya.
Apa yang melatar belakangi Ibu terjun ke dunia bahasa?
Awalnya Ibu tidak pernah punya cita-cita memperdalam Bahasa Arab. Awalnya keterpaksaan. Saya dulu di pondok karena terpaksa dan itu pilihan orangtua saya.
Apa buah dari keterpaksaan itu?
Saya lebih bisa mendalami Bahasa Arab dengan baik. Karena terpaksa akhirnya bisa dan karena terpaksa akhirnya cinta.
Ibu kan sekarang mengajar, bagaimana cara Ibu untuk menerapkan Bahasa Arab?
Saya menerapkan metode belajar yang mengasyikkan dan metode kesenangan seperti belajar sambil bermain dan bernyanyi. Orang belajar bahasa kalau cuma bisa menulis itu belum ada nyatanya. Karena bahasa adalah alat komunikasi yang utama.
Menurut Ibu bagaimana cara agar siswa-siswi mau menerapkan Bahasa Arab?
Kita mempunyai program yang namanya Arabic Show atau Arabic Day. Nah di situ sudah diberi tata dasar untuk berbicara Bahasa Arab. Belajar bahasa itu perlu upaya yang sungguh-sungguh.
Upaya apa bu yang paling tepat untuk belajar Bahasa Arab?
Cintai Bahasa Arab. Cinta itu sudah tumbuh karena sudah terbiasa tetapi kembali ke potensi setiap orang. Dan dengan cinta itu kita jadi lebih mudah dalam menangkap setiap materi yang disampaikan.
Belajar Bahasa Arab itu pasti butuh menghafalkan Bu, Cara Ibu untuk mempermudah siswa menghafal?
Saya buat sebagai nyanyian sehingga mudah dipahami dan dihafal. Karena dengan nyanyian akan membuat siswa tidak bosan dan mudah mengingat kosakata.
Di Al-musthofa sudah menerapkan Arabic Show, apa perkembangan dari awal hingga kini?
Alhamdulillah ada. Terlihat dari dalam kelas, apa yang disampaikan di Arabic Show sudah diterapkan dalam sehari hari
 Saat pembelajaran apakah Ibu sering mengalami kendala?
Pasti ada namanya kendala itu selalu ada dimana mana.
Apa yang memotivasi untuk lebih cinta terhadap Bahasa Arab?
Lingkunganya oke dan suasananya mendukung.
Dan yang terakhir Bu, apa pesan Ibu terhadap siswa siswi Al Musthofa?
Jangan bosan untuk belajar Bahasa Arab. Karena bahasa arab sangat mendunia dan sebagai pedoman hidup. (AA,AFS,AIS,HK,SI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto