Kamis, 06 Februari 2014

Screening Mata di Al-Musthofa


Kejadian tidak biasa terjadi di MTs. Al-Musthofa pada hari Selasa, 19 November 2013. Ini dikarenakan datangnya ratusan siswa dengan seragam yang berbeda-beda berbondong-bondong memasuki area madrasah.
Kamus jadi penasaran deh, memangnya ada apa ini? Oh rupanya hari itu MTs. Al-Musthofa kedatangan tim BKMM (Balai Kesehatan Mata Masyarakat) sebanyak 6 petugas yang dipimpin oleh Sunyoto,SKp.Ns. dan Kamus menghampiri dia apa coba jawabnya:
“Sengaja kami datang pada hari ini dengan tujuan screening kesehatan mata pada seluruh siswa se-Kec. Jetis dan sekitarnya,” ungkap Sunyoto. Oh.. begitu tho.
Bapak Sunyoto menambahkan bukan tanpa maksud sehingga MTs. Al-Musthofa terpilih menjadi tempat pusat pemeriksaan mata ini. Melainkan karena MTs. Al-Musthofalah yang mempunyai inisiatif dan menjadi pioner dalam kegiatan ini sehingga tak segan-segan BKMM memusatkan kegiatan ini di sini. Tentu inisiatif ini tak lepas dari gagasan Kepala MTs. Al-Musthofa, Bapak H. Solikin,M.Pd.
“Awalnya saya prihatin dengan keberadaan siswa-siswi yang banyak menderita mata minus tetapi mereka tak menghiraukan dikarenakan tidak adanya biaya.” Kata Pak Solikin di tengah-tengah memantau kegiatan ini.
Pak Solikin juga menambahkan karena itulah dia mengajak BKMM untuk mengadakan kegiatan screening kesehatan mata di madrasah yang dipimpinnya, dengan harapan BKMM memberikan kaca mata gratis sesuai dengan program BKMM sendiri.
Rupanya BKMM menyambut baik inisiatif ini, dan berharap tidak hanya siswa MTs. Al-Musthofa saja yang diperiksa. Akhirnya kurang lebih 15 sekolah pada hari itu mendatangi MTs. Al-Musthofa untuk mengantarkan siswa-siswinya yang sebelumnya telah mendaftarkan diri ke BKMM untuk diperiksa.
Mengusung  tema, “Sehat mataku, sehat pikiranku
, semangat belajarku” Pak Solikin optimis kegiatan yang digagasnya ini akan berdampak positif tidak hanya bagi siswa-siswinya saja melainkan juga bagi sekolah-sekolah sekitar baik negeri maupun swasta.Terbukti memang, pada hari itu tidak kurang dari 260-an siswa hadir untuk mendapatkan pemeriksaan mata gratis.
Tentu Shobat jadi penasaran, apa tuh BKMM. Nah melalui brosur akhirnya Kamus jadi mengerti ternyata BKMM merupakan satu-satunya institusi pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berkomitmen untuk melakukan screening kesehatan mata dan operasi katarak di luar gedung sebagai bentuk upaya menjembatani pelayanan kesehatan di Puskesmas terhadap spesialistik mata. Oh, jadi begitu ya, pantesan dari tadi yang diomong mata terus.
 “Saya senang, program di Kec. Jetis ini sukses sesuai dengan harapan saya, semoga ke depan kegiatan ini bisa berkelanjutan tidak hanya pada tahun ini saja, harap dr. Niken Indah,Sp.M. salah satu rekan dari Pak Sunyoto.  Kamus juga begitu lho, semoga program ini berjalan terus agar Shobat-Shobat yang punya kelainan mata menjadi sehat dan mendapatkan kacamata gratis. Nah enak kan kalau gitu! (HM, HF, LW, UF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto