Kamis, 18 Februari 2010

Sekali Lagi, Al-Musthofa Juara

Pasti semua shobat tahu apa tuh Pramuka, yap! Gerakan yang dipelopori oleh Baden Powell sebagai Bapak Pandu sedunia pada ini yang bermetamorfosis sebagai Praja Muda Karana (Pramuka) di Indonesia siapa sih yang nggak tahu. Anak kecil aja tahu, iya nggak?
Supaya ingat nih pada tanggal 14 Agustus 2008 kemarin Pramuka memperingati hari lahirnya yang ke-47. Wuih Pramuka sudah tua dong? Ya iyalah pendirinya Sri Sultan Hamengkubuwono X Aja sudah wafat sejak dulu kok. Makanya kalau kamu ngaku jadi anak sekolah terus nggak tahu apa itu Pramuka itu khan kebangetan. Apalagi tiap hari Jum’at dan Sabtu pakaian kebesaran Pramuka dijadikan seragam sekolah.
Nah, ngomong-ngomong tentang HUT Pramuka ini, Kecamatan Jetis juga nggak ketinggalan lho untuk mengadakan perayaannya. Apa hayo kira-kira perayaannya? Apa lagi kalau nggak perkemahan. Pada hari Selasa s.d. Kamis tepatnya tanggal 12 s.d. 14 Agustus kemarin Kamabiran Jetis mengadakan perkemahan Akbar yang diberi tema “Dengan semangat kebangkitan nasional kita pacu perkembangan gerakan pramuka.”
Perkemahan ini di adakan di lapangan Desa Kupang. Beda dengan tahun lalu yang di adakan di Desa Latcari Penompo. Biasa, biar pesertanya nggak bosan habisnya kalau tempat tetap yang lain bisa iri dong nggak pernah ditempti.
Wah dari temanya aja kita tahu pasti tujuannya para peserta sudah tahu kalau Kebangkitan Nasional yang tahun ini sudah berumur satu abad dijadikan momentum untuk mencapai kemajuan baik dalam bidang Iptek maupun Imtaq, ya nggak shobat. Semoga aja tercapai ya cita-cita tersebut.
Yang namanya even tahunan tentu saja pasti pesertanya banyak dong? Ya pastilah. Menurut data yang diperoleh Kamus nih jumlah peserta dan pembinanya serta kepanitiaannya mencapai 1000 lho. Wow banyak banget ya, apa semuanya makan nasi ya? he...he...he... ada aja nih Kamus.
Eits, 1000 orang itu dari mana aja ya? Nah ini nih Kamus mau bebernya. Biar nggak bingung lihat aja tabel di bawah ini:
No Tingkat
sekolah Jumlah Regu
Putra Putri
1 SD 22 24
2 MI 5 11
3 SMP 3 4
4 MTs 5 5
5 SMKN 1 1
6 MA 2 2
Tentunya jumlah 1000 tuh hanya dari peserta saja dong. Banyak personil yang terlibat agar pelaksanaan perkemahan ini sukses, aman dan terkendali. Waduh kayak tentara aja nih.
Emang ya koq yang mengamankan acara ini dari berbagai unsur lho ada yang dari Polsek Jetis, dari Koramil ini yang dikerahkan dari pihak pemerintahan Kecamatan Jetis. Sedangkan yang dari Pramuka sendiri menurunkan Saka Wana Bhakti dan Saka Bhayangkara. Nah lho gimana nggak aman kalau yang bertugas memang berkompeten dalam bidangnya.
Eh, yang tak bisa dilupakan tentu dukungan masyarakat Desa Kupang nih. Tanpa pasrtisipasi masyarakat musthil khan kalau acara sebesar ini bisa berhasil. Memang masyarakat Desa Kupang sangat antusias dengan ditempatkannya perkemahan akbar ini di desa mereka. Di samping jarang ada acara seperti ini tentunya mereka butuh hiburan sebagai refreshing melepas lelah kegiatan sehari-hari.
Trus, apa penyelenggaraan perkemahan akbar ini cuma berupa partisipasi doang? Ya nggaklah shobat mana ada sih perhelatan akbar nggak butuh dana. Begitupun perkemahan ini. Ternyata setelah korak korek sana-sini Kamus jadi tahu kalau dana penyelenggaraan perkemahan ini dibebankan kepada seluruh peserta yakni sekolah atau madrasah yang mengirimkan mereka. Nah itu tuh yang namanya kerjasama. Pas sekali dengan Dasa Dharma Pramuka.
Selama memantau acara ini Kamus jadi kagum nih soalnya banyak banget kegiatannya, sampai-sampai Kamus lihat karena banyaknya kegiatan tersebut banyak lho peserta yang nggak mandi, waduh bau dong? He..he..he.. kalau yang ini jangan ditiru ya? Habisnya memang kegiatannya padat banget sih. Tiru aja keaktifan peserta tersebut berarti emang dia pintar khan karena jadi duta sekolahnya.
Tak terkecuali juga dari MI, MTs. Al-Musthofa Canggu, madrasah tercinta kita ini, tak ada satupun kegiatan yang tidak di ikuti oleh wakil-wakil kita di sana. Sampai Kamus jadi kasihan melihatnya. Sebab karena semua kegiatan diikuti sampai ada yang nggak sempat makan, nggak sempat tidur untuk istirahat, nggak sempat pacaran, eits...Kamus keceplosan ngomong nih. Pramuka koq pacaran sih, hi..hi..hi.. ini khan rahasia umum.
Tapi nggak pa-pa deh sebab perjuangan yang diemban oleh wakil-wakil kita ini dengan membanting tulang, bermandi peluh dan cucuran keringat (waduh heroik banget) membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Apa coba shobat, yap MI dan MTs kita mendapat juara yang tidak disangka-sangka. Asal tahu saja nih eh jangan asal tahu ini harus dihafalkan oleh seluruh siswa-siswi Al-Musthofa yakni bahwa Pramuka Al-Musthofa meraih:
1. Juara 1 terfavorit dari satuan terpisah putra dan putri MI. Al-Musthofa.
2. Juara 2 untuk regu putri MTs. Al-Musthofa.
3. Juara 3 untuk regu putra MTs. Al-Musthofa.
Siapa yang nggak bangga kalau mendapat juara seperti ini. Kalau dilihat peserta yang bejibun begitu tentu untuk meraih juara perlu perjuangan yang keras bukan. Makanya tak heran ketika para peserta pulang dan sampai di madrasah tercinta ini disambut bak pahlawan yang pulang dari medan laga.
Ya wesss Kamus juga ikut bangga dengan prestasi ini semoga pada tahun depan bisa dipertahankan atau ditingkatkan lagi. (IS)

4 komentar:

  1. Nama:Tamara indra aprilia
    klz:IXd
    askum muz..... kpn ne mau nerbitn majalah yg baru... "CEKIKIKAN" nya tmbh lcu n tmbh gkil jha............

    BalasHapus
  2. Nama:vega sabakhatin sakinah
    klz:IXD
    ASKUM,,,,,,,,,,,??? MUS......low aku lht trbtn "CERPEN" kli ini krg mnrk,mnrt ku lbh mnrk trbtn "CERPEN" yg lama,,,,???? low aku leh ksi srn cba bwt "CERPEN" bru yg isi nya tntg ksh hidup "GADIS ISLAMI" psti lbih mnrk. moga mkn skses,,,,,,,,,,,,,,,,???

    BalasHapus
  3. Nama:A.dimyadi
    kelas:IXb
    askum muz...........kismisxa mkin srem aja n lo org smua bca psti asyik bgt,,,,,,,,,

    BalasHapus
  4. nama :m.aris.muchlasin
    kls :IXD
    no absen:18
    assalamualaikum muz .......mus q suka sama cerpenya kalau bisa d tmbh lbi bnyak lagi ya 0k

    BalasHapus

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto