Kamis, 18 Februari 2010

Edisi: 6
SEMANGAT 45

Sobat semua kali ini Kamus membahas sesuatu yang berbeda sesuai dengan yang kita peringati. Nah sobat-sobat Kamus, pasti nebak temanya pasti tentang Kemerdekaan RI yang ke-63 yang biasa disebut semangat 45. Mengapa kali ini Kamus memilih tema ini? Karena bulan Agustus ini adalah bertepatan dengan hari kemerdekaan bangsa. Makanya dengan topik ini Kamus pasti yakin kalau kita sudah nggak asing lagi karena setelah begitu lama dan begitu kokohnya kekuatan serta semangat para pahlawan kita yang mempertaruhkan nyawa mereka demi mewujudkan dan menjadi bangsa yang merdeka. Nah sobat-sobat Kamus semua, kita sebagai penerus bangsa haruslah selalu mengenang jasa para pahlawan kita.
Duh..maaf ya kok jadi ceramah ya?? Oke deh setelah mengorek-ngorek sedikit tentang sejarah perjuangan mereka sekarang saatnya sobat-sobat Kamus tahu tentang komentar-komentar yang terpilih oleh Kamus setelah berinvestigasi memilah-milah untuk mewawancarai sebagian dari kalian semua tentunya. Beruntung juga ya 100 dari temen-temen yang sudah terpilih untuk Kamus wawancarai,kayak artis dong??
Ya udah tanpa panjang lebar kita mulai saja ya..?? Tentang HUT RI ke-63 yang sudah Kamus wawancarai, sebagian dari 61% bilang mereka sangat antusias dengan menyambut datangnya hari kemerdekaan itu yang tepatnya pada tanggal 17 Agustus.
Sementara 23% siswa-siswi bilang biasa saja menyambut kedatangan hari kemerdekaan itu. Nah ini nih yang perlu diingatkan padahal tanpa adanya jasa para pahlawan kita, negara kita nggak akan bisa seperti sekarang ini. Seharusnya kita senang apalagi yang kita lakukan toh cuma merayakannya saja sebagai wujud partisipasi kita.
Itupun nggak sebanding dengan perjuangan para pahlawan kita zaman dahulu kala. Tapi nggak pa-pa deh toh kebanyakan sobat-sobat Kamus sangat antusias banget menyambut datangnya HUT RI. Karena dengan merayakan HUT RI melalui lomba kita bisa berkumpul bareng melihat adik-adik dan rekan-rekan yang sebaya dengan kita sedang mengikuti lomba. Pasti lucu dan seru banget ya kayaknya!! Terus belum lagi kita bisa mengingat jasa para pahlawan kita saat lomba itu berlangsung.
Tapi kenapa ya..sebagian dari sobat-sobat Kamus cuma bilang biasa saja dalam menyambutnya. Mungkin mereka baranggapan kalau dengan menyambut HUT RI diadakan lomba itu sudak cukup padahal kita harus berpartisipasi dan antusias dalam menyambutnya. Mereka jelas tidak terbayangkan bagaimana perjuangan para pahlawan kita, mereka hanya menikmati tanpa mengetahui makna yang sebenarnya.
Yang lebih parah nih ternyata ada 16% dari sobat Kamus yang acuh tak acuh menyambut datangnya HUT RI. Mereka bisa beranggapan begitu mengkin karena mereka tidak tahu betapa besarnya jasa para pahlawan kita, betapa gigihnya para pahlawan kita dalam mempertahankan bangsa kita, demi terwujudnya kemerdekaan negara Republik Indonesia.
Apa sobat-sobat Kamus nggak menyadari bahwa para pahlawan kita berjuang mati-matian demi siapa? Demi kita, demi negara kita. Tapi mengapa sobat-sobat Kamus bisa beranggapan seperti itu. Kamus jadi ikut kecewa nih, tahu nggak betapa besarnya pengorbanan mereka, sampai-sampai mereka tidak memperdulikan keluarga dan masa depan mereka. Bahkan mereka mau mengorbankan nyawa mereka. Demi siapa kalau bukan demi kita dan Bangsa Indonesia. Setidaknya kita menghargai semangat perjuangan pahlawan kita yang berkobar-kobar. Meskipun kita tidak suka seharusnya sedikit kita luangkan waktu untuk ikut serta dalam memperingatinya.
Nah, ketika shobat ditanya apa sih kegiatan perayaan yang mereka lakuin sebagian dari 43% bilang bahwa mereka meluangkan waktunya untuk mengikuti karnaval didaerah mereka dan 41% sobat-sobat Kamus bilang bahwa mereka mewujudkan rasa partisipasinya dengan mengikuti lomba atau menjadi panitia dalam perlombaan. Mau jadi apapun sama saja yang penting kita ikut serta dalam merayakannya karena itu adalah wujud dari antusias dan kerelaan kita dalam menyambutnya.
Eh..masih ada to dari 16% yang memilih dirumah saja,mengapa? Apa kalian merasa nggak ada artinya. Atau jangan-jangan cuma malas aja!! Buktinya kalian nggak senang mengikuti acara seperti itu. Waduh..ternyata pendapat mereka berbeda. Buktinya saja mereka bilang bisa kumpul-kumpul, dapat hiburan, tapi ada juga yang bilang males soalnya mereka capek nggak punya waktu untuk hal-hal yang nggak manfaat karena mereka seharian sibuk dengan aktifitas mereka, kayak orang penting saja pakek bilang sibuk, emang sibuk apaan?ngrumpi!!
Oke deh setelah mengorek-ngorek tentang kegiatan atau aktifitas yang mereka kerjakan saatnya Kamus menanyakan tujuan mereka dalam menyambut dan merayakan HUT RI ini. Sebagian dari 23% berkomentar bahwa untuk mengenang jasa para pahlawan dengan cara merayakannya melalui lomba 26% bilang sebagai semangat nasionalisme apa betul..? maaf ya Kamus cuma bercanda kok dan Kamus menghargai keputusan kalian
Terus 51% berpendapat untuk bersenang-senang. Ya..lumayan juga sih lebih banyak dibanding dengan yang pertama dan kedua. Waduh..waduh.. Kamus jadi bingung dengan komentar-komentar sobat-sobat semua. Ngomong-ngomong boleh nggak Kamus ikut bersenang-senang? Udah jangan dipikirin cuma action doang kok!!
Wah perlu dibahas nih kayaknya apa tuh hubungannya lomba dengan memperingati HUT RI koq cuma perlombaan doang ya? katanya sih ingin mengenang jasa-jasa para pahlawan. Emang tahu apa tuh pahlawan? Ternyata 27% sobat bilang pahlawan itu merupakan pejuang bangsa dan 36% bilang pahlawan itu adalah sosok yang pemberani dalam berjuang.
47% berpendapat bahwa pahlawan itu adalah sosok yang patuh dicontoh. Waduh.. sampai segitunya. Kamus harap bukan hanya omong doang nih tapi benar-benar dilaksanakan ya!
HUT RI selalu ditandai dengan lomba-lomba, gimana kalau Kamus usul selain lomba kita adakan ziarah ke makam para pahlawan ya biar lebih terasa mengenang pahlawannya.
Dari 100 orang 55% setuju karena dengan diadakannya ziarah kita bisa merasakan semangat mereka yang terus berkobar dan dengan adanya ziarah itu semakin melengkapi acara perayaan dalam memperingati HUT RI ini dan 45% bilang tidak setuju karena dengan dengan mengadakan lomba kita sudah memperingati dan mengenang jasa pahlawan kita, jadi kita tidak perlu buang-buang uang.. Oala..gitu!!
Terus apa kalian sudah mencontoh sikap-sikap para pahlawan kita? 65% bilang sudah contohnya mereka mencerminkan sikap bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan dan mereka menjadi lebih disiplin tentunya. Terus mereka juga saling rela berkorban satu sama lainnya. Nah 35% dari sobat yang belum mencerminkan sikap pahlawan kita dengan alasan sulit menjadi seperti yang mereka lakukan karena nggak mudah menjadi seperti yang mereka cerminkan. Gitu katanya?? Makanya kalau sulit mari kita sama-sama belajar mulai sekarang.
Nah..sampai disini dulu ya perjalanan Kamus dalam berekspedisi untuk mencari komentar dan pendapat sobat-sobat Kamus yang berbeda-beda tapi satu tujuan. Wah..”Bhinneka Tunggal Ika” berbeda-beda tapi satu tujuan. Oke deh cukup sekian ya dari Kamus dan semoga perjalanan Kamus tambah lancar-lancar saja nggak ada satu halangan dan mudah-mudahan saja Kamus tambah maju serta sukses selalu dong tentunya dan Kamus mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas doa dan dukungannya. Jangan lupa juga nantikan kedatangan edisi Kamus selanjutnya dengan tema yang lebih menarik lagi. Kamu bisa usul nih tema apa yang paling menarik untuk dibahas. Kamus tunggu ya! (3TK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto