Jumat, 04 Desember 2009

Desa Canggu Digoyang Kota Mojokerto

Pada hari Jumat tepatnya pada tanggal 9 Mei 2008, pemerintah kabupaten Mojokerto mengadakan perhelatan dalam rangka peringatan hari jadi kota Mojokerto yang ke-715. Kali ini Desa Canggu mempunyai kebanggaan tersendiri dalam HUT Mojokerto yang digelar setiap tahun itu. Sebabnya Desa Canggu mendapat kehormatan untuk mengadakan perayaan tersebut di Lapangan Canggu yang tentu saja itu merupakan kehormatan yang tak terhingga. Apalagi acara tersebut mengundang begitu banyak artis baik ibu kota maupun yang ada dari Jawa Timur sendiri. Sehingga acara tersebut mengundang antusias para penonton yang datang dari berbagai pelosok desa. Adapun yang memeriahkan acara tersebut adalah artis-artis Ibu kota seperti Imelda KDI, Butterfly band, Ve AFI. Sedangkan artis yang dari Jawa Timur sendiri adalah Trio Endel, OM. Monata tentu saja dengan Sodiqnya, Master Of Ceremonynya adalah penyiar Sukro dan Repot yang biasa membawakan acara Be-Cak di JTV, dll.
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Kamus, acara perhelatan tersebut diadakan bergiliran setiap tahunnya. Dan tahun ini merupakan giliran daerah Kecamatan Jetis. Untuk keamanan demi lancarnya acara tersebut, pemerintah Kabupaten Mojokerto mengerahkan pihak keamanan, diantaranya adalah 200 personil polres Mojokerto. Sedangkan 29 personil pamong praja juga dikerahkan dengan tugas utama yaitu mengamankan rombongan Muspida. Pada acara tersebut, Bapak Bupati Mojokerto tidak bisa hadir karena ada urusan di Surabaya yang tidak bisa ditinggalkan dan diwakilkan kepada Bapak wakil Bupati Mojokerto yakni Bapak Suwandi.
Seperti biasa sebelum acara dimulai, Bapak Wakil Bupati memberikan sambutan yang berisi bahwa acara ini merupakan acara puncak HUT kota Mojokerto yang ke-715. Adapun tujuan diadakannya acara tersebut yaitu untuk menghibur masyarakat dengan harapan dijaga sebaik-baiknya. Selain itu kita wajib bangga karena Bupati kita telah mencalonkan diri menjadi gubernur Jawa Timur.
Kamus sejak sore menyanggong persiapan acara ini hingga malam ketika Trio Endel mulai tampil. Begitu hebohnya acara ini sehingga masyarakat berbondong-bondong untuk menyaksikan acara ini. Sayangnya di tengah-tengah meriahnya acara ada insiden kecil yakni perkelahian antara penonton. Yah, mungkin anak muda kali ya sehingga ada saja acara mereka untuk menarik perhatian orang lain.
Nah, Kamus juga penasaran bagaimana sih tanggapan masyarakat dan penonton acara ini. Kita ikuti yuk!
Bapak M.Weli Wilianto selaku kepala desa: “Ini acara kabupaten yang di hajati oleh bapak Bupati untuk kabupatennya menjadi calon gubernur. Acara ini di lakukan secara bergilir tahun lalu diadakan di selatan sungai sekarang di utara sungai tepatnya di Canggu agar masyarakat terhibur dan ikut berpartisipasi dalam hari jadi Kota Mojokerto. Tidak hanya itu saja acaranya ada pesta rakyat pasar murah dan jalan santai di Trowulan”kata Pak Weli senada dengan yang disampaikan Bapak Fuad selaku Camat Jetis.
Bapak Harmuji selaku panitia penyelengara : “Acara ini akan di mulai pukul 19.00 WIB. yang di buka oleh bapak Achmadi selaku Bupati Mojokerto artisnya adalah Ve AFI, Imelda KDI, dll. Acara ini akan di hadiri oleh Muspida plus, dinas Kabupaten Mojokerto, Muspika, Kepala desa beserta sang istri” tuturnya.
Ibu Frida pedagang sekaligus penonton acara tersebut. Menurut ibu Frida acara ini bermanfaat, karena bisa menghilangkan stres, senang melihat orang menyanyi mencari keuntungan dari barang dagangan. Pak Johan juga berpendapat sama, begitu pula Ibu Yayuk.
Bapak Ngatimin selaku pembantu panitia kegiatan yang didatangkan dari Mojokerto mengatakan bahwa tujuan acara itu supaya masyarakat tahu bahwa hari ini adalah hari jadi kota Mojokerto, berbagai acara akan dipertunjukkan dan diusahakan semua kompak dalam acara ini.
Nanang Mardiun sebagai panitia keamanan: “Kami di sini bekerja sama dengan Kapolsek, Kapolres, dan tentara untuk mengatasi penonton yang kira-kira jumlahnya 10.000 orang,”
Bapak Abi (penonton) menurut Bapak Abi acara ini baik untuk menghibur masyarakat dan dapat memberi keuntungan kepada, pedagang, tukang parkir dan Surya yang menseponsori dan juga untuk refresing.
Bapak Sujianto sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) mengatakan bahwa ada kendala yang menghambat penerangan jalan umum yaitu tarikan kabelnya yang terlalu jauh.
Bapak Sugeng selaku produser dari acara JTV Rek: “Acara ini berguna untuk mendekatkan diri ke masyarakat dan pemirsa JTV, rokok Gudang Garam Pemkot Mojokerto melalui acara off air” katanya.
Idayatul (sponsor), menurutnya acara ini baik di adakan dan bangga baginya karena ia adalah salah satu anggota dari Gudang Garam yang mensponsori guna lancarnya promo produksi Gudang Garam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto