Selasa, 04 Agustus 2009

Edisi 3
TAHUN BARU DI BERBAGAI NEGARA
Ketika shobat Kamus menerima majalah ini tentu baru saja liburan dalam rangka tahun baru 2008 M. sedangkan nanti pada tanggal 07 Februari bangsa Indonesia libur tahun baru lagi bagi warga China yakni tahun baru Imlek 2559 kalian pasti bertanya-tanya kenapa koq beda ya antara tahun baru Masehi dengan tahun baru Imlek? Kenapa mesti bingung padahal kita sebagai orang Islam tahun barunya beda dengan tahun baru Masehi. Ingat kan tahun kita apa? Betul! Tahun baru orang Islam adalah tahun baru Hijriah yang di peringati pada tanggal 1 Muharram yang pada tahun 2008 ini telah sampai pada 1429 H dan di peringati 10 Januari.
Tahun baru hari pertama tahun Masehi adalah saat bahagia yang dirayakan orang dewasa maupun anak-anak hampir di setiap negara di seluruh dunia. Ini merupakan kebiasaan tertua yang paling menggembirakan. Banyak orang-orang yang membuat janji tahun yaitu barjanji untuk berbuat lebih baik pada tahun mendatang. Nah shobat Kamus kira-kira apa janji kalian yang kalian camkan dalam hati ketika pada tahun baru 2008 M kemarin?
Tahu tidak? Pasti nggak tahu, nah ini nih beritanya. Dibeberapa Negara, ada lho yang masih merayakan tahun barunya pada tanggal yang berbeda, tergantung kalender yang mereka gunakan. Seperti di atas, orang China tahun baru mereka bisa jatuh pada bulan Januari atau Februari. Bagian perayaan yang paling menakjubkan adalah pawai naga dan pertunjukan kembang api.
Perayaan tahun baru di jepang berlangsung selama satu minggu penuh. Mereka menghias rumah dengan rangkaian cabang pohon cemara, dahan aprikot Jepang dan tunas bambu. Anak-anak mempunyai cara sendiri untuk merayakannya. Mereka membentuk kelompok bermain layang-layang angkasa jadi penuh layang-layang yang berwarna-warni, dalam bentuk ikan, naga, kupu-kupu dan capung.
Iran memperingati tahun baru pada 21 Maret, bersamaan dengan datangnya musim semi. Selama dua minggu sebelum hari raya ini, para pemusik dan penari menampilkan pertunjukan di tiap jalan kota. Kemudian setelah 12 hari setelah tahun baru, setiap orang mengenakan pakaian terbaru mereka dan mengunjungi teman atau kerabat.
Orang Ethiophia memperingati tahun baru pada awal September, ketika hujan lebat telah berhenti dan musim panen mulai. Pada malam tahun baru, orang dewasa dan anak laki-laki pedesaan dengan membawa obor berjalan menerobos desa sambil menyanyi “Tahun Baru” orang-orangpun keluar rumah untuk ikut bernyanyi.
Banyak negara di dunia tahun barunya tanggal 01 Januari. Kebiasaan ini dimuali pada tahun 1500-an ketika kalender Gregorius yang kita pakai sekarang diperkenalkan untuk pertama kalinya. Demikian pula kita di Indonesia kita merayakan tahun baru pada tanggal itu dengan berbagai acara yang meriah.

APRIL MOP
Yang ini sebetulnya masih berhubungan dengan perayaan tahun baru hanya saja acara ini berubah menjadi pemberian kejutan-kejutan yang konyol. Hal ini terjadi karena sebelum merayakan tahun baru tanggal 1 Januari Negara-negara barat dulu merayakan pada tanggal 21 Maret hingga 1 April. Pada tanggal tersebut bisa dipastikan menjadi korban April Mop (April Fool). Mungkin di antara shobat Kamus ada yang belum mengerti sebetulnya yang di maksud dengan April Mop.
April Mop hanya sehari terjadi yakni pada tnggal 1April. Pada tanggal tersebut segala guyonan dan kekonyolan adalah legal. Dan siapapun yang menjadi korban tidak boleh marah dan dendam, sedangkan kalau dia ingin membalasnya tentu harus menunggu satu tahun lagi. Supaya lebih jelas Kamus beri contoh nih.
Sudah lama Roni naksir Vina, berkali-kali Roni nembak Vina tapi tidak di tanggapi. Ronipun putus asa. Tapi di suatu pagi yang pekat Roni dapat SMS dari Vina bahwa dia menerima cinta Roni, karuan saja Roni girang bukan kepalang. Merekapun janjian ketemu di warung bakso favorit Roni. Namun apa yang terjadi, ketika Vina ketemu Roni, Vina ngomong bahwa dia nerima cinta Roni itu hanya iseng aja. Maklum khan tanggal 1 April. Menjengkelkan bukan.
Atau ada kejadian lain yang sangat terlalu yakni ketika Yana pulang sekolah dapat panggilan dari kantor. Sesampainya di kantor Yana di bilangin kalau dapat telpon dari seseorang memberitahukan bahwa ibu Yana meninggal kecelakaan. Karuan saja Yana hampir pingsan dan tangisnyapun meledak tak tertahan. Langsung dia pamit pulang. Yana heran bercampur kalut. Ketika sampai di rumah ternyata ibunya masih segar bugar. Usut punya usut teryata yang menelpon tadi adalah Bimbim teman akrab Yana. Belum sampai Yana menumpahkan kekesalannya Bimbim memberi tahu Yana bahwa ia menjadi korban April Mop. Nah keterlaluan khan?
Nah, shobat Kamus ngerti khan. Kalian tertarik? Boleh saja mumpung masih muda jreng, tapi Kamus pesan ya kejutan April Mopnya jangan terlalu amat ya. Kasihan teman kalian. Yah wajar-wajar aja deh. Oche(A.H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto