Selasa, 04 Agustus 2009

Edisi: 3

SAUDARA
Oleh Tri Kurniawati (XIA)


Kita pasti sudah mendengar dan mengenal betul dangan baik siapa saudara itu? Bagi kita saudara adalah seseorang yang hadir dalam hidup kita sekaligus segalanya bagi kita. Kenapa mereka tak mengerti betapa pentingnya saudara dalam kehidupan kita. Bagi mereka sosok saudara hanyalah seorang penggangu serta mereka takut kasih sayangnya terbagi.
Tapi, masih ada juga seseorang yang masih beranggapan bahwa sosok seorang saudara adalah sebuah kehidupan yang penuh dengan arti, betapa pentingnya saudara itu. Betapa berartinya kehadiran saudara dalam kehidupannya. Ada yang merasa tanpa saudara merasa sepi dan sendiri, itu memang sering kali terasa. Tanpa saudara kita tidak punya teman untuk berbagi suka maupun duka. Terkadang ada yang bilang punya saudara nggak enak dia kejam suka menang sendiri, padahal itu semua belum tentu, karena saudara adalah seseorang yang akan memberikan kita yang terbaik dengan penuh kasih sayang bukan malah mengambilnya dari kita.

Arti Penting Seorang Saudara
Teman-teman semua pastilah kalian semua sudah mengetahuinya. Peran saudara dalam hidup kita! Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa saudara adalah sesosok yang entah lebih tua dari kita ataupun sebaliknya lebih muda dari kita. Peran seorang ayah juga sama dengan peran seorang saudara. Saudara kita lebih tua misalnya, dia bisa nggak bisa harus bertanggung jawab dengan keluarga dan adik-adiknya. Dan dia juga haruslah senantiasa berusaha untuk membahagiakan akan keluarganya demi terwujudnya kebahagiaan, kedamaian, ketentraman, kebersamaan, serta keharmonisan dalam ruang lingkup kehidupannya bersamaan dengan keluarganya. Belum lagi perjuangannya untuk meraih cita-cita demi hanya membuat dirinya dan keluarganya bangga. Tapi semua itu akan terasa lebih mudah jikalau seorang saudara selalu berkorban demi terwujudnya motivasi dalam hidup keluarganya yang diinginkan. Tentu saja semua harus kita lakukan denagn niat yang tulus ikhlas.

Kehadiran Seorang Saudara
Dalam hidup kita seorang saudara pastinya selalu ada disamping kita. Menemani kita dalam keadaan apapun baik suka maupun duka. Baik kita dalam keadaan gundah, sedih, dan putus asa. Disaat kita membutuhkan support dari seorang saudara disaat kita menghadapi ujian ataupun masalah apapun. Misalnya saja disaat mengikuti lomba kejuaraan atau apa. Nah disinilah peran saudara sangat diperlukan. Mungkin benar tak selamanya saudara harus ada. Tapi tanpa saudara kita juga tidak bisa merasakan betapa indahnya hidup ini. Betapa susahnya kita saat ingin bantuan tidak punya saudara. Ingin curhat nggak punya saudara kalau sama teman belum tentu dia dapat dipercaya.
Bersih-bersih rumah sendiri, jalan-jalan sendiri maskipun punya banyak teman tapi bosan juga. Kadang-kadang merasa iri dengan temanya yang begitu bahagia dengan saudaranya. Kemana-mana selalu bersama saudara hanya denganya kita dapat bercanda bersama untuk melepas semua beban dihati dan tanpa adanya saudara. Menghandalkan teman untuk berbagi? Padahal tak selamanya teman dapat dipercaya. Meski sahabat adalah suka duka kita. Tapi….sampai kapan. Meskipun sahabat sudah bertahun-tahun dengan kita itu masih bisa mengkhianati kita.
Nah, buat apa susah-susah mencari seseorang yang sangat diperlukan kan sudah ada saudara jadi kita nggak usah bingung-bingung karena dengan saudara saja semua dapat terlaksana tapi harus kalian ingat-ingat juga tak selamanya saudara harus berperan dalam kegiatan atau apapun yang kita kerjakan. Karena kita juga membutuhkan orang lain. Bukan saudara saja.

Punya Saudara Why Not ?
Ada yang bilang bahwa punya saudara nggak enak apa-apa selalu dibagi-bagi, pingin ini pingin itu takut entar direbut, mau disayang ortu takut diambil, mau dimanja takut dialihkan, padahal tanpa adanya saudara juga nggak menyenangkan, karena bagaimanapun juga yang namanya anak pastilah ortu sayang sama kita. Bukan berarti ortu nggak sayang sama kita, sayang kan harus berbeda-beda mungkin dengan bentuk lain ortu berikan pada kita. Tapi hanya orang yang tidak tahu anugrah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita berupa saudara itulah kebahagiaan akan datang, jangan pernah berfikiran kehilangan kasih sayang orang sekitar kita dengan adanya saudara malah itu semua salah besar karena saudara adalah segala-galanya bagi kita.
Coba kalian bayangkan kalau seandaianya tidak ada saudara apakah kalian bisa mendapat dan merasakan kasih sayang dari seorang saudara. Apakah kalian tak merasa kehilangan? seharusnya kalian iri dengan teman-teman kalian yang punya saudara. Mereka bisa bercanda tawa, selalu bersama berbagi baik suka maupun duka, saling bertukar cerita. Seharusnya kalian merasa kehilangan semua itu dan merasa iri untuk mendapatkannya bukan malah membencinya hanya kalian takut kehilangan cinta dan kasih sayang dari orang-orang terdekat kita. Harusnya kalian menyadari kehadiran saudara sangat berharga bagi kita.

Untungnya Punya Saudara
Banyak sekali yang kita dapat dari adanya saudara ini. Banyak sekali yang kita peroleh dari saudara kita. Saudara itu banyak memberikan pada kita segalanya yang kita butuhkan. Sampai-sampai terkadang kita tidak menyadari betapa besar pengorbanan saudara kita. Demi apa yang kita inginkan saudaralah yang akan membantu bukan orang lain. Dia berjuang mati-matian demi kebahagiaan kita. sampai-sampai tak menghiraukan dirinya sendiri.
Bayangkan mampukah kita hidup tanpa saudara? Tidak! Karena apa? Karena saudaralah yang paling setia disamping kita bukan orang lain. Dengan adanya saudara pekerjaan kita jadi ringan, dengan adanya saudara kita saling menjaga, dengan adanya saudara kita saling bertukar pendapat, terus belum lagi saat saat kita bersama bercanda ria bersama. Nah disinilah hal yang paling menarik dari adanya kehadiran seorang saudara.
Jadi saya sebagai penulis hanya bisa berpesan jangan kalian merasa takut dan iri dengan saudara kita. Karena saudara kita nggak akan pernah membuat kita kecewa malah saudaralah yang akan memberi kebahagiaan bukan penderitaan dan ingat-ingat kalian wahai teman-temanku kasih sayang ortu adalah sepanjang masa dan tak akan terbagi oleh hadirnya saudara disamping kita.
Jadikanlah saudara sebagai teman tidurmu.
Jadikanlah saudara sebagai teman dalam setiap hidupmu.
Jangan pernah membencinya
Jangan pernah kehilangan semuanya
Karena kedatangan seorang saudara
brother and syster is the best in live we

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto