Rabu, 22 Juli 2009

KEMANDIRIAN,ITU YANG SAYA HARAPKAN...!!!

iSapa sih yang tidak kenal sama kepala sekolah MTs. Al-Musthofa? Tampangnya yang tegas, penuh wibawa, dan yang pasti beliau itu cool abiez dech! Sabtu, 19 Mei 2007 sekitar pukul 15.00 WIB. KAMUS membuat janji terlebih dahulu, karena beliau terkenal dengan kesibukannya. Ups! Ternyata waktu yang kita punya cuma 30 menit untuk me-ngupas semua yang berkaitan dengan beliau dan MTs. Al-Mustho-fa itu sendiri secara detail dan tentunya fresh abiezzz!!! Ya udahlah, buruan kita ikuti perbincangannya yuk!


Menjelang tahun ajaran baru ini, program-program apa saja yang bapak rencanakan? Ya, yang sekiranya mampu membuat MTs. Al-Musthofa makin maju?
Sebagai sekolah yang bisa dibilang maju, tentu saja saya sebagai salah satu pimpinan disini mempunyai banyak program. Tetapi dari begitu banyak program yang saya canangkan bersama pengelola lain bisa kami garis bawahi menjadi tiga program yakni: program jangka pendek, program jangka menengah, dan program jangka panjang.

Bisa disebutkan Pak apa saja yang ada dalam program tersebut?
Program jangka menengah meliputi, pembangunan gedung serta fasilitas lainnya, sedangkan melengkapi perabotan-perabotan untuk menunjang kelangsungan kegiatan belajar mengajar bisa kami masukkan dalam program jangka pendek. Jangka panjangnya adalah ingin memajukan MTs. Al-Musthofa seiring dengan MI dan MA dengan melakukan banyak perbaikan serta bekerja sama dengan pondok pesantren sekitar.
Dari begitu banyak program, ada tidak wujud nyatanya yang sudah bisa dilihat
dan dinikmati diantaranya apa pak?
Oh...tentunya ada, kami telah membeli lahan seharga lebih kurang 70 juta yang rencananya di atas lahan tersebut akan dibangun gedung 2 lantai dengan 4 ruangan yang Insya Allah akan di pergunakan sebagai ruangan MI. Al-Musthofa, sedangkan ruangan MI yang saat ini akan direnovasi.

Kiat-kiat apa saja yang bapak lakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan MTs. Al-Musthofa?
(Sambil tersenyum beliau menjawab) Nggak muluk-muluk kok, kita mulai dari kegiatan yang intra seperti pembelajaran formal lebih kurang 42 jam serta untuk meningkatkan akhlak siswa-siswi kami juga selalu mengajak mereka beribadah bersama. Lalu kegiatan ekstranya antara lain, club bola volly, Lab. Bahasa, Lab. IPA, Lab. Komputer, pengajian kitab, dan
tentunya Drum Band.
Bapak dari 4 putra ini terkenal sebagai orang yang gigih dalam memperjuangkan kemajuan MTs. Al-Musthofa. Beliau menjabat sebagai kepala MTs. sejak tahun 2000. sudah banyak perubahan yang telah beliau berikan sehingga MTs. Al-Musthofa nampak seperti sekarang. Pantang menyerah adalah prinsip hidupnya. Bahkan begitu bangganya beliau menjawab tidak pernah menemui kesulitan selama menjabat sebagai Kepsek. “Karena koordinasi yang baik,” begitu alasannya. Seakan tak kenal lelah beliau tak segan-segan turba dalam rangka membenahi sarana prasarana sekolah. Bahkan KAMUS pernah secara tak sengaja mengetahui beliau ikut membantu para tukang mengangkat kayu-kayu pada saat pembangunan Lab. Bahasa, padahal waktu itu liburan sekolah!



Selama bapak menjabat prestasi apa saja yang telah diraih MTs. Al-Musthofa?
(Dengan bangga beliau menjawab) Seingat saya MTs. Al-Musthofa pernah menjadi juara lari cepat Lalu, menjadi juara cerdas cermat melawan salah satu SMPN yang ada di sekitar Canggu di-tambah lagi piagam-piagam dari perlombaan gerak jalan.

Oh...ya pak, KAMUS boleh tahu nggak kira-kira dana yang sekolah peroleh darimana? Kan kita semua tuh sudah tahu sendiri kalau MTs. Al-Musthofa termasuk sekolah swasta!
Sekolah ini memang statusnya swasta. Dulunya dana yang dipakai untuk mem-bangun infrastruktur diperoleh dari masya-rakat atau sumbangan dari wali-wali murid. Sekarang sudah berubah selain memperoleh sumbangan wali murid sekolah juga menda-pat dana BOS (Bantuan Operasional Seko-lah) dari pemerintah.

Pesan-pesan bapak untuk siswa-siswi AL-MUSTHOFA!
MTs. Al-Musthofa ini adalah sekolah menengah yang berciri khas Islam, tentunya begitu banyak ilmu yang telah siswa-siswi dapatkan di sini. Ingat khan pesan Nabi SAW. Bahwa ilmu yang ber-manfaat itu adalah yang selalu diamalkan dan bisa bermanfaat bagi kehidupan. Maka saya berpesan kepada segenap siswa-siswi agar senantiasa menjaga ilmu-nya dengan selalu mengamalkannya apa-lagi ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ibadah sungguh-sungguhlah untuk melak-sanakannya.

Kalau harapan Bapak terhadap siswa-siswi MTs. Al-Musthofa ke depan?
Kemandirian, itulah yang saya harapkan dari mereka. Dalam zaman yang sudah modern sekarang ini begitu sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan sendiri. Maka saya sangat berharap agar siswa-siswi MTs. Al-Musthofa nantinya bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak menggantungkan dirinya kepa-
da orang lain.

Wah...ternyata 30 menit terasa sangat singkat. Waktu KAMUS pun telah habis. Ini artinya KAMUS harus mengakhiri perbincangan ini. Dari perbincangan singkat KAMUS jadi malu nih sebab masih begitu sedikit sumbangan yang bisa diberikan demi kemajuan MTs. Al-Musthofa. Tapi tentu saja KAMUS akan selalu mendo’akan semoga MTs. Al-Musthofa bisa selalu berhasil dalam menjalankan program-programnya. Amin.

3 komentar:

  1. assalamu'alaikum.wr.wb
    q suka banget dengan majalah ini banyak menuturkan kata - kata islami
    pokoknya banyak mengarahkan sesuai syariat islam
    kalau bisa terbitkan kata2 yang lebih menonjolkan tentang ajaran islam.
    wassalamu'alaikum wr. wb

    BalasHapus
  2. ASKUM ... MET pgi muz sBnRnx MjLh kmz i2 dah b9uz tP pRa pMbC i2 sRin9 sKli koV3rX i2 dbWt uNtK bNgkz loMbk kdN9 kla dsOb3k bWt kPaZn sY sB9ai wRtWn kMz mRza low kMi g pRnh dhR9ai N b9i pra pmbC tLong deCh jN9aN ulngI l9 pa l9 dDpnQ N Q sn9at sk bC kMz w9 b9iAn in3 aliaz UZWATUN HAZANH mo9a d 3dizi x9 akn dTn9 bZ lbh b9uz l9 k3y ...walkum ...(IDA WAHYU N ARLANC3 19)

    BalasHapus

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto