Rabu, 22 Juli 2009

Investigasi 2


BE HAPPY IN RAMADHAN and IDUL FITRI


Ramadhan sudah datang, gimana nih shobat KAMUS bahagia khan semua menyambut datangya bulan yang penuh berkah ini. Tentu dong masa’ orang Islam nggak bahagia sih menyambutnya.
KAMUS nih ceritanya kemarin jalan-jalan di MTs.-MA. Al-Musthofa. Eh..ada yang protes nih yang benar tuh nggak jalan-jalan tapi muter-muter coz KAMUS khan berasal dari MTs.-MA. Iya deh KAMUS kemarin sudah muter-muter dilingkungan madrasah Al-Musthofa. Lagi ngapain coba? Ya cari berita dong. Karena KAMUS mau terbit bertepatan dengan bulan Ramadhan maka kali ini KAMUS menanyai semua warga Al-Musthofa yang berhubungan dengan bulan puasa tersebut. Nah kita ikutin yuk hasilnya.
Dari 700-an siswa-siswi MTs.-MA. KAMUS hanya mau menanyai 140 aza sebagai responden. Jadi beruntung banget dech siapa saja yang ditanyai oleh wartawan KAMUS. Yang belum ditanyai sering-sering aja kumpul ama wartawan KAMUS kali aja nanti ditanyai.
Pertama kali nih KAMUS nanyain gimana perasaan mereka menyambut Ramadhan, senang, biasa saja ataukah tidak senang. Ternyata jawabannya tidak berbeda jauh dengan dugaan KAMUS nih sebanyak 109 anak atau 77,9% menjawab sangat senang. Ya iyalah pasti kebanyakan dalam hati mereka senang sebab sebentar lagi dapat baju baru tuh. He..he..he.. Trus 21 anak atau 15% milih jawab biasa saja. Sedangkan 10 anak atau 7,14% tidak senang jika Ramadhan datang. Wah ini aneh tanyain yuk alasannya.
“Ya gimana bisa senang soalnya jika dibulan puasa nih aku nggak bisa lagi ketemu pacar.” Jawab Sisca mewakili teman-temannya. Waduh berabe nih hobinya koq cuman pacaran, sampe-sampe bulan Ramadhan disalahin. Trus alasan lainnya:”Ramadhan tuh bikin bosen mau keluar bikin lapar, dirumah saja bikin be te, makanya aku bosen banget dibulan puasa maunya cepet lebaran aja” cerocos Teguh dengan semangatnya. Wah ini aneh juga ya bosen sama puasa koq mengharapkan hari raya.
Bulan puasa nih meski makan dikurangi, tapi malah kegiatan tambah banyak. KAMUS jadi penasaran nih sama teman-teman selama Ramadhan kegiatannya tuh apa saja. Ternyata shobat, tadarus menjadi pilihan utama, sebanyak 58,6% atau 82 siswa milih jawaban ini. Kata mereka biar pahalanya tambah banyak. Duh KAMUS salut deh! Yang lainnya gimana? “Kalau aku sih jalan-jalan menghabiskan waktu” kalau ini nih salah satu alasan dari 28 anak atau 20% yang mengaku kegiatannya selama puasa jalan-jalan. Apa nggak bikin lapar ya jalan-jalan terus. Nah tinggal satu jawaban lagi nih apa coba? Yup, sebanyak 30 anak atau 21,4% maunya tidur melulu selama puasa. Tidurnya orang puasa khan ibadah, gitu alasanya. Iya deh daripada melototin dan mendengarkan sesuatu yang tak berguna mending tidur aja.
Puasa bikin lapar, so pasti. Nah bawaan orang lapar tuh dieeeemmm aja alias malas. Tapi apa benar sih puasa bikin orang malas? Sebanyak 85 anak atau 60,7% menjawab benar puasa bikin malas, sedang lawannya 55 anak atau 39,3% menjawab tidak. Wah…wah kalau ini nih tergantung orangnya ya yang malas mungkin memang nggak punya kerjaan kali.
Tarawih, tahu nggak kalian adanya cuman di bulan Ramadhan sebagai ganti shalat Tahajud. Nah diantara kalian pasti ada yang pernah nggak ikut tarawih? Ada 75% atau 105 anak yang menjawab iya. Hanya 25 anak saja yang tak pernah absen mengikuti shalat tarawih. KAMUS yakin yang rajin tarawih memang tahu benar pahalanya memang besar. Nah bagi yang pernah nggak ikut tarawih apa nih alasannya. 41 anak atau 39% menjawab ketiduran. Pasti nih kebanyakan makan sampai kekenyangan. Lalu ada yang menjawab 42 anak atau 40% karena malas saja ngikutin tarawih. “Tarawih khan sunnah, yang penting khan puasanya!” Lho!!!! Trus yang laen apa coba alasannya? 22 anak atau 21% nonton TV. “Soalnya acaranya bagus-bagus sih” Wah…kurang ajar banget tuh TV.
Sampailah kita ngebahas lebaran. KAMUS jadi penasaran nih kira-kira teman-teman nih apa sih yang pertama kali dibeli jika lebaran akan tiba. Ternyata tak jauh beda nih dengan kru KAMUS, semuanya pada mau beli baju baru. 100% semuanya memilih kegiatan ini untuk menyambut lebaran. Nah, setelah pakai baju baru maunya dibawa kemana tuh, pasti sungkeman. KAMUS jadi penasaran memangnya siapa sih yang pertama kali nanti akan disungkemi.
Sebanyak 121 anak atau 86,4% memilih ortu dan keluarga sebagai sasaran pertama untuk sungkem. “Harus dong MUS, keluarga adalah yang paling dekat sama kita, masa dinomorduakan” alasan Dwi mengapa memilih jawaban ini. Eh..ternyata tidak semua tuh yang milih ortu sebagai sasaran pertama. Buktinya ada 10 anak atau 7,14% menganggap gurulah yang wajib pertama kali jadi sasaran sungkeman. Lho kenapa? “Sebab aku khan di pondok” jawab Johan. O..h gitu tho. Lalu yang 6,43% atau 9 anak kemana nih. Eh ternyata mereka langsung ngibrit ke temannya untuk saling bermaafan. Waduh kalau yang ini jangan ditiru ya! “I..h KAMUS ini koq marahin kita sih!” kata Roni. Lho emangnya kenapa nih koq memprotes KAMUS. “Ya iyalah sebab kita langsung sungkeman ke teman tuh setelah sholat Ied khan langsung ketemu di masjid, jadinya ya kita sungkeman disitu” elak Roni. Iya deh maafin KAMUS.
Nah itulah tadi hasil dari muter-muternya KAMUS nanyain sekitar Ramadhan dan Lebaran. Sekarang ikutin yuk komentar para guru tentang puasa dan Ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto