Rabu, 22 Juli 2009

Ensiklomausiana Edisi 2

KELAMIN REPTILIA
Jenis kelamin reptilia ditentukan bukan dari gen seksual-nya, tapi dengan ukuran suhu telur yang sedang dierami. Suhu tertentu akan menghasilkan masing-masing kelamin.

KELENJAR KERINGAT
Babi tidak bisa mengeluarkan keringat karena babi nggak punya kelenjar keringat, karena itu mereka lebih suka bergumul dalam lumpur buat ngadem. Hal ini tentu saja berbeda dengan manusia yang mempunyai begitu banyak kelenjar keringat sehingga ketika kita kegerahan secara otomatis tubuh akan mengeluarkan air. Efeknya tentu terasa sejuk dan nyaman

TUBERCULOSIS
Sepertiga dari populasi dunia terinfeksi oleh virus tuberculosis-TBC yang menyebabkan kematian 8.000 orang tiap hari dan merupakan pembunuh terbesar setelah pengidap positif virus HIV. Virus ini tersebar melalui udara lewat batuk, bersin atau meludah.

NYAMUK CEWEK
Cuma nyamuk cewek aja yang menggigit. Dengan semacam belalai-nya yang sangat tajam dan tipis tusukannya bahkan hampir nggak terasa. Habis nyedot sekitar 5 microliter, ia langsung terbang, ia ninggalin ludah yang sering mengandung virus atau paling tidak bikin gatal.

PUASA DAN KEKEBALAN
Kalau puasa tiba, beberapa hari pertama biasnya lemas, “meriang”. Setelah “masa krisis”, biasanya normal kembali. Kenapa coba!? Tenyata 70 tahun yang lalu, penelitian di Universitas Osaka, Jepang, menemukan bahwa setelah memasuki hari ke-7 dan seterusnya saat puasa, jumlah sel darah putih meningkat pesat. Pada hari ke 1-6 belum ditemukan penambahan sel darah putih. Perubahan ini secara otomatis meningkatkan kekebalan melawan berbagai peradangan. Jadi, setelah hari ke-7, tubuh kita semakin kebal, eh, maksudnya punya kekebalan/daya tahan tubuh yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto