Jumat, 04 November 2016

Merajalelanya Game di Zaman Sekarang

Oleh: Afifa Nur Jannah (9-D)

Ayo, ikut aku cari pokemon yang lain.”
Sebentar tunggu aku”
Buruan sebelum nanti kabur”
apa sih untungnya main game?”
Banyaklah, kamu aja yang nggak tahu”
Udahlah, mending kamu baca opini ini pasti kamu sadar kalau main game mulu pasti nggak baik. Baca ini opininya!”

Game atau permainan dalam bahasa Indonesia bukan hanya untuk sekedar mencari hiburan saja, tapi sudah merupakan suatu kebutuhan manusia sekarang ini. Karena banyaknya game yang muncul dan berbagai macam membuat kita tidak bosan memainkannya. Perkembangan game saat ini begitu pesat, mungkin kita dulu belum mengenal video game, yang dimainkan hanya permainan tradisional seperti bekel, gobak sodor, ataupun lainnya. Tapi seiringnya perkembangan teknologi, kini permainan bisa dilakukan di rumah sendiri dengan video game dan bukan tidak mungkin untuk ke depannya bukan hanya video game yang bisa di mainkan tapi virtual game seperti dalam film The Martix, kita yang masuk ke dalam game itu dan bermain di dunia virtual. Sebelum kita membahas tentang perkembangan video game kita lihat dulu jenis-jenis video game berdasarkan alat yang digunakan dan berdasarkan genrenya: platform atau alat yang digunakan untuk bermain game ada bermacam-macam yaitu:
1.    Console games: yaitu alat untuk memainkan video game yang dihubungkan ke monitor biasanya monitor TV sebagai tampilan atau outputnya. Jenis console game seperti nintendo wii, sega, playstation, X box dll.
2.    PC games: video game yang dimainkan ke personal computer atau leptop.
3.    Mobile games: game yang dimainkan di handphone atau PDA.
4.    Hendheld games: game yang dimainkan pada console portable (bisa dibawa kemana-mana) contohnya PSP, nintendo DS, dll.

Di atas adalah contoh dari platform atau alat untuk bermain game dari zaman ke zaman hingga saat ini. Dilihat pada zaman sekarang game memang menjadi kebutuhan kehidupan manusia sebagai penghilang stress dan penat.
Tapi dipikir-pikir lihat game itu tidak ada manfaatnya, justru malah merugikan tapi kenapa orang-orang begitu banyak yang menyukai game. Bahkan di televisi ada berita bahwa ada anak dari Hongkong yang meninggal karena bermain game selama 24 jam. Coba sekarang bayangkan bermain game sampai satu hari full apa mata dia tidak kelelahan, apa dia tidak kelaparan dan kehausan. Kalau menurut Kamus itu terlalu berlebihan, kita boleh bermain game tapi jangan sampai berlebihan karena bisa mencelakai diri kita sendiri.
Mari kita sekarang bahas positif dan negatifnya game :
1.    Menghilangkan stres atau penat
Disaat kita stres atau penat karena banyak masalah, tugas kerja menumpuk, mengisi waktu luang disaat penat. Pasti orang tersebut kalau tidak membuka media sosial, musik, atau nggak game karena game bisa menghilangkan stres dan juga penat.
2.    Menambahkan konsentrasi
Disaat kita sudah memulai game pasti kita akan berkonsentrasi digame itu, sama seperti kita di kehidupan biasanya. Kita akan lebih berkonsentrasi saat melakukan apapun baik melakukan belajar ataupun pekerjaan. Tapi jangan keterusan ya, kita akan konsentrasi tapi harus tetap belajar ya?
3.      Menambah kreativitas
Jika kita bermain game pasti kita akan menemukan game yang menguji kreativitas si pemain. Disaat kita sering memainkan game itu pasti kita kan lebih kreatif dan semakin ada ide untuk melakukan hal yang baru dan bermanfaat.
4.      Menambah cekatan
Jika kita lagi bermain game yang ada tembak-menembak satu sama lain pasti kita akan lebih konsentrasi dan bersiap-siap atau berjaga-jaga. Disaat tinggal sedikit lagi mengenai kita tapi kita mampu menghindarinya itu menimbulkan rasa cekatan didalam diri kita.
Bukan hanya positiv aja tapi juga ada negatifnya seperti dibawah ini:
1.      Membuat mata kelelahan
Mata kita pasti kelelahan karena banyak melihat monitor TV, gadget, leptop, dll. Karena mata kita terkena cahaya yang lama-lama membuat mata kita kelelahan jika kita terus melihatnya jadi jangan terlalu ya?
2.      Membuat dehidrasi atau kelaparan
Jika kita sudah menghadap monitor apalagi sedang asyik main game malah membuat kita malas kemana-mana. Disaat kita kehausan atau kelaparan tapi kita malas untuk berdiri atau pergi ke dapur. Jika kita sudah lama tidak minum dan makan pasti membuat kita dehidrasi dan kelaparan maka itu akan menyebabkan kematian jadi jangan disepelehkan walaupun ringan. Don’t forget
3.      Lupa waktu
Pasti jika kita sudah bermain game akan lupa dengan segalanya seperti sholat, belajar, membantu orang tua, melakukan pekerjaan yang biasa kita lakukan dll. Tidak mungkin kita tidak melakukan ini pasti kita melakukan ini jadi jangan terlalu berlebihan.
4.      Membangkang kepada kedua orang tua
Kita pasti akan menolak jika disuruh untuk membelikan sesuatu atau membantu kedua orang tua karena kita terlalu keasyikan bermain game. Dan anak seperti ini adalah tidak menuruti apa yang telah disuruhkan kedua orang. Jadi jangan sampai shobat seperti ini ya?

Jadi menurut kamus shobat boleh bermain tapi jangan sampai berlebihan, kita harus ingat waktu, ingat tugas dan ingat yang lainnya. tapi menurut kamus lebih baik shobat kalau stress atau penat lebih baik membaca sholawat, berwudhu, mengaji atau sholat karena itu semua membuat pikiran dan hati kita damai dan juga tenang. Shobat boleh bermain game tapi jangan lupa ya saran kamus nih?
“sekarang kamu sudah faham tentang pentingnya untuk menjauhi game?”
“sekarang aku sudah faham, terima kasih ya penjelasannya”
“sama-sama” (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto