Jumat, 04 November 2016

Evolusi MOPDB jadi Matsama

Shobat pasti ingin sebuah perubahan baru kan? Tahun ini Al-Musthofa ada yang baru lho. Yakni sebuah julukan untuk Masa Orientasi Siswa yang kini menjadi bertajuk Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah Al-Musthofa). Matsama atau Mos kali ini kegiatannya lebih banyak dan lebih asyik lho. Coba bayangkan saja, di hari pertama peserta Matsama mengikuti berbagai arahan dan bermacam game seru dari panitia Matsama hingga hari penghujung atau akhir diadakannya persami bagi peserta yang sungguh menggembirakan.
 Pada tanggal 19-21 Juli 2016 seluruh siswa-siswi  kelas 1 MI. Al-Musthofa memulai pembelajaran dengan kegiatan Matsama tersebut. Berbagai macam kegiatan yang menyenangkan diadakan oleh panitia. Semua siswa yang masih kecil-kecil dan pada mulanya takut-takut, malu-malu, atau bahkan menangis akhirnya bisa tersenyum hingga tertawa karena Bu Leni, Bu Khusnul, Bu Alfin dengan sangat kocak mengajak semua peserta untuk bermain. Selama dua hari masa perkenalan di kelas dan halaman madrasah.
Penutupan Matsama  tingkat MI tahun ini diawali dengan kegiatan bakti sosial yakni bersih-bersih sampah di sepanjang jalan Canggu dan sekitarnya. Masing-masing kelompok yang terdiri dari empat anak membawa satu kresek besar untuk tempat sampai. Kegiatan ini berakhir di lapangan Desa Canggu. Di sana Ibu Hj. Siti Romlah selaku Kepala Madrasah telah menunggu untuk secara resmi menutup kegiatan Matsama berupa pelepasan balon ke udara.
Sedangkan MTs. Al-Musthofa pada hari pertama peserta Matsama berbaris rapi mengenakan kaos olahraga khas Al-Musthofa, guna mengawali kegiatan Matsama, yakni melaksanakan PBB di Lapangan Desa Canggu. Tak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini para peserta dibimbing Koramil Kecamatan Jetis, tapi nih Shobat hebatnya, meski panas terik sangat menyengat tetapi tak dihiraukan oleh para peserta, yang ada hanyalah semangat antusias mengikuti kegiatan PBB tersebut.

Agenda dihari selanjutnya adalah persami MTs. Al-Musthofa yang di adakan pada hari Sabtu sampai minggu yang bertepatan pada tanggal 22-23 Juli 2016. acarannya sungguh luar biasa diikuti oleh peserta didik kelas 7 dengan sangat mengesankan bagi mereka semua, acaranya lancar karena semua peserta persami  mengikuti dengan tertib, tidak ada halangan suatu apapun.  Dibuka dengan Upacara yang dilaksanakan pada pukul  11.00 WIB. Pada saat malam puncak api unggun, peserta persami MTs. Al-Musthofa dibimbing untuk menampilkan pensi (pentas seni) yang terbaik menurut mereka. Saking kreatifnya siswa Al-Musthofa, sampai ada salah satu peserta laki-laki yang menggombal/merayu kepada salah satu panitia persami.  Esok hari dilanjutkan dengan upacara penutupan pada pukul 07.00 WIB, lalu seluruh peserta persami MTs. Al-Musthofa pulang ke rumahnya masing-masing.

Pada Minggu selanjutnya, Sabtu-Minggu 30-31 Juli 2016 beralih kegiatan persami peserta Matsama MA. Al-Musthofa, ada yang berbeda lho Shobat dari persami MA. Al-Musthofa kali ini, sebab lokasi yang dijadikan bumi perkemahan bertempat di Majapahit Training Center Dusun  Kanigoro Desa Bleberan Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Wih, hebat kan Al-Musthofa tahun ini dikarenakan tahun kemarin-kemarin apabila Al-Musthofa ada persami selalu di bumi Perkemahan Jasa Tirta Rolak Songo, tapi kini di Jatirejo. Bukan hanya itu lho shobat, tetapi para peserta pun dibimbing oleh trainer-trainer yang berprofesional pada bidangnya lho, yakni team MTC, Majapahit Training Center. Peserta dibekali ilmu kepemimpinan, keberanian, kedisiplinan, serta kekompakan. pada hari terakhir, peserta di ajak menjelajahi alam sekitar sambil bermain-main atau out bound, ya hari terakhir memang bukanlah hari perpisahan, bukanlah hari selamat tinggal namun hari sampai berjumpa lagi, tidak harus bersedih tetapi harus melepaskan diri dengan senang hati, dan pastinya terlalu manis kenangan itu bila harus dilupakan, cukuplah dikenang dalam hati dan diresapi tak perlu ditangisi.(FD, HK, IP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto