Jumat, 29 Januari 2016

SUDAHKAH KITA MENJAGA KEBERSIHAN???



Oleh: Auwalul Ibnu Irfandana ( XII-IPA) & Shinta Widya Ningrum (XII-IPS)

Setiap seorang  pasti mendambakan hidup yang nyaman, tenang, aman serta lingkungan yang bersih dari segala kotoran dan bebas dari penyakit.
  Bersih adalah tidak kotor atau Bebas dari penyakit. Hidup bersih itu adalah hidup dalam keadaan tidak kotor, rapi dan teratur. Tidak kotor adalah terbebas dari kotoran, baik yang mengandung penyakit maupun yang merusak keindahan.
Sebagai seorang muslim dan muslimah kita pasti pernah mendengar bahkan sering mendengar hadist nabi Muhammad SAW yang berbunyi “KEBERSIHAN ITU SEBAGIAN DARI IMAN”.  Jadi siapa yang mengaku beriman berarti dia  harus  menjaga kebersihannya. Allah SWT menyukai orang-orang yang selalu menjaga kebersihan, karena dengan kebersihan akan berdampak positif pada lingkungan sekitar kita bahkan bumi kita Insya Allah akan terhindar dari bencana alam.
 Oleh sebab itu Shobat  dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita harus memperhatikan kebersihannya baik kebersihan anggota badan maupun kebersihan lingkungan sekitar, karena tanpa lingkungan yang bersih setiap orang akan menderita seperti terserang penyakit karena faktor kurangnya menjaga kebersihan.
Menjaga kebersihan diri maupun lingkungan merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang. Jika seseorang sakit, biasanya pasti masalah kebersihan yang kurang diperhatikan, hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihan adalah masalah sepele, padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi kesehatan diri kita dan orang lain.
Sebelum kita mengigatkan orang lain tentang menjaga kebersihan,  sudahkah kita menjaga kebersihan? Menjaga kebersihan itu bisa dilakukan dimana saja seperti di rumah, sekolahan, tempat-tempat umum, pasar, rumah sakit.
Kita ambil contoh kebersihan di lingkungan sekolah, hal yang sering terjadi di sekolahan dan membuat guru-guru kesal yaitu kurangnya menjaga kebersihan yang disebabkan oleh siswa-siswinya yang tidak mematuhi tata tertib yang sudah ada. Seperti membuang sampah di sembarang tempat, buang air kecil atau besar yang seenaknya maksudnya tidak disiram sampai bersih, dan lain sebagainya.  Apa sih, Shob, yang menyebabkan tidak mau menjaga kebersihan? Apakah kita malu, atau gengsi karena dilihat orang lain.
Dan Apakah dengan hal seperti itu bisa menjamin kebersihan diri dan lingkungan sekolah? Kemungkinan tidak. Jika  dengan lingkungan yang kotor dan tidak bersih maka suasana pembelajaran menjadi kurang nyaman dan tidak bisa konsentrasi pada saat pembelajaran. Belajar itu harus dalam keadaan nyaman agar materi yang dipelajari dapat masuk ke otak kita. Yang parahnya lagi akan ditiru oleh siswa-siswi yang lain. Lalu  jangan salahkan guru jika guru memarahi kita atau menghukum kita, karena perbuatan kita tidak mau menjaga kebersihan.
Maka dari itu Shobat Kamus dengan kita membiasakan menjaga kebersihan di sekolah maupun di luar sekolah, akan berdampak baik pada diri kita dan guru-guru kita.  Dan suasana pembelajaran menjadi nyaman dan kondusif. Mengapa kita kok disuruh menjaga kebersihan?  Tujuannya adalah untuk menciptakan hidup bersih dan sehat.  Karena begitu pentingnya menjaga kebersihan,  kini saya akan berbagi informasi tentang beberapa manfaat menjaga kebersihan diantaranya adalah:
1.    Mendapat pahala dari AllAh SWT. Karena Kebersihan Sebagian Dari Iman
2.    Dengan membiasakan diri hidup bersih dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit
3.    Dapat mewujudkan keindahan, kesehatan, dan kebahagiaan
4.    Dapat mewujudkan keteraturan, kerapihan dalam kehidupan
5.    Lingkungan yang bersih membuat suasana menjadi  Nyaman dan indah dan pastinya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap
6.    Terhindar dari bahaya banjir dan kerusakan alam.
Kita harus tahu shobat tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat. Kita perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat tidak menyebabkan atau menularkan bagi diri sendiri maupun orang lain karena itu harus pandai-pandai menjaga kebersihan.
Tidak sulit menjaga kebersihan lingkungan ada banyak macam cara untuk menjaga kebersihan lingkungan misalnya membuang sampah pada tempatnya. Hanya saja tidak banyak orang yang menyadari akan arti pentingnya lingkungan yang bersih bagi kehidupan sekarang maupun di masa yang akan datang. Terbukti masih banyak orang lain yang mengabaikan kebersihan lingkungan di sekitarnya. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan terus menerus, lingkungan akan menjadi semakin kotor dan rentan akan bibit penyakit. Tentunya kita tidak ingin penyakit tersebut menyerang kita dan orang – orang yang kita sayangi.
Maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan karena banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan kebersihan lingkungan adalah keadaan dimana lingkungan tersebut bebas dari segala kotoran, seperti debu, sampah serta bau yang tidak sehat. Setiap orang pastinya menginginkan lingkungan yang bersih dan sehat. Shobat harus tahu manfaat menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat. Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain, terhindar dari penyakit yang tidak sehat, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dan aman untuk di minum, lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri. Lingkungan akan lebih bijak jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih.
Kesehatan manusia sangat dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan, kalau kita tidak menjaga kebersihan kita akan terserang wabah penyakit.
Nah Shobat Kamus sudah tahu kan manfaat menjaga kebersihan, mengingat begitu pentingnya menjaga kebersihan dan banyak sekali manfaat kebersihan, sudah seharusnya mulai sekarang kita memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar kita. Karena kalau kita menyepelekan arti kebersihan bisa-bisa timbul berbagai macam penyakit dan resiko kerusakan alam. Teruslah menjaga kebersihan. Kebersihan adalah  suatu tindakan awal sebelum tindakan yang lebih sulit dalam menjaga dan merawat alam. Dan coba Shobat renungkan, kalau saja Shobat tidak pernah menjaga kebersihan Kamus yakin 100% akan timbul berbagai bencana alam di negara kita seperti banjir, sarang penyakit, bau yang tidak sedap. Semoga bermanfaat (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto