Jumat, 29 Januari 2016

PENYAKIT SARIAWAN YANG MENGGANGGU KENYAMANAN



Shobat Kmus pasti tau dengan penyakit sariawan. Dan apakah Shobat sering mengalami sariawan?. Meskipun bukan termasuk penyakit yang berat, namun sariawan tidak bisa dipandang enteng Shobat, Apalagi jika luka sariawan terus meradang menimbukan rasa nyeri dan perih yang berkepanjangan, atau keadaannya sampai menimbukan demam, wah wah wah .. paasti segala aktifatas kita terganggu karena sariawan.
Dalam kenyataannya, terkadang penyakit ini seringkali di abaikan oleh sebagian orang, padahal jika kita perhatikan penyakit sariawan sangat mengganggu kenyamanan kita, seperti pada saat makan, dapat mengurangi nafsu makan. Makanan yang kita anggap enak, menjadi terasa tidak enak karena adanya sensasi rasa sakit dan perih di mulut kita.
Penyakit sariawan atau nama lain dalam istilah medis stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka  pad rongga mulut, yang berbentuk bercak berwarn putih kekuning-kuningan, bentuknya bulat tidak beraturan. Oh ya Shob, penyakit sariawan bisa menyarang siapa saja tidak hanya menyarang orang dewasa, tapi juga anak-anak usia 6-24 bulan pun bisa terserang sariawan. Tapi Shobat, tahukah penyabab yamg membuat setiap orang mengalami orang  mengalami sariawan?. Lalu bagaimana cara pencegahannya?
Ciri-ciri gejala penyakit sariawan biasanya timbul ditandai dengan sensasi rasa sakit dan nyeri yang tinggi seperti terbakar pada ujung mulut, yang membuat penderita sulit untuk menelan makan. Banyak penelitian yang menyebutkan faktor psycologis pun turut nenberikan sumbangsih penyabab terjadinya sariawan seperti stress dan emosi. Tidak hanya itu saja penyabab penyakit sariawan, diantaranya juga seperti :
·         Kekurangan nutrisi seperti Vitamin C, B12, dan juga zat besi.
·         Gigitan atau robekan. Misalnya luka akibat gigit ketika makan, bersikat gigi atau karena gigi yang runcing.
·         Rongga mulut yang terbakar akibat dari makanan dan minuman panas dan pedas.
·         Infeksi bakteri, virus, dan jamur
·         Gusi yang sedang sakit9(gingifitis) atau jenis infeksi mulut lainnya
·         Akibat radiasi atau pengobatan kanker
      Kondisi kebersihan di sekitar mulut yang kurang terjaga
·         Menurunnya kekebalan tubuh(setelah sakit atau sterss berkepanjangan)
·         Adanya infeksi oleh mikroorganisme
·         Alergi pada suatu makanan, misalnya makanan terlalu pedas dan panas.
      Untuk penyambuhannya Shob, bisa menggunakan beberapa jenis obat tetes maupun obat kumur, atau jenis lainnya. Baik dalam bentuk salep yang mengandung antibiotik, obat penurun panas, jika ddisertai demam. Dan saat ini pun banyak pasta gigi yang dapat mengurangi sariawan. Biasanya Shob, sariawan umumnya akan sembuh dalam waktu 4 hari. Jika belum sembuh sampai dua minggu , karena sudah terlanjur parah. Segeralah duibawa ke dokter untuk diperiksakan, karena hal yang seperti itu bisa menjadi penyabab awal terjadinya kanker mulut.
Dari hasil baca-baca di internet, ada loh kasus sariawan yang di diamkan selama enam bulan tanpa perawatan! pada saat ia ke dokter, kondisi mulut sudah lumayan parah. Sisi lidah sudah mulai rusak sampai ke dasar mulut sehingga di tenggarai sebagai kanker rongga mulut. Waduh, bahaya! Sariawan yang tidak sembuh juga setelah lewat dua minggu juga harus di curigai bersifat ganas. Penyakit kanker rongga mulut yang terdeteksi sejak dini memungkinkan terapi dan pengobatan yang sesuai agar tidak merysak struktur organ rongga mulut. Sariawan yang bertahan selama berbulan-bulan juga merupakan indikasi penyakit penyebab serius seperti HIV/AIDS. Pada dasarnya, penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini membuat tubuh mudah terinfeksi. Salah satu wujudnya ialah gangguan pada mulut seperti sariawan,sebab mulut tergolomg rawan.
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit sariawan ini. Berikut yang harus dilakukan untuk menghindari sariawan:
1.       Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut serta gigi, pemeriksaan mulut dan gigi secara teratur.
2.       Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi serta yang sehat.
3.         Gaya hidup yang sehat seperti tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas dan pedas.
       Nah, sudah tehukah Shobat tentang hal-hal menyebabkan kita terkena penyakit sariawan. Dan cara menghindari penyakit sariawannya. Tetaplah menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh agar selalu terhindar dari berbagai penyakit. Siapa sih yang nggak mau sehat selalu. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto