Jumat, 29 Januari 2016

Pondok Pesantren di Indonesia



1.   Jombang
Jombang juga dikenal dengan “Kota Santri” karena banyaknya pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayahnya. Bahkan ada pameo yang mengatakan bahwa Jombang adalah pusatnya pondok pesantren di tanah Jawa. Karena hampir pendiri pesantren yang ada di Jawa pasti pernah berguru di Kota Jombang. Di antara pondok pesantren yang terkenal adalah ponpes Tebuireng yang didirikan oleh KH Hasyim Asy’ari pada tahun 1899, Ponpes Mamba’ul Ma’arif Denanyar yang didirikan oleh KH Muhammad Bisyri Syamsuri pada tahun 1917, ponpes Darul Ulum Tambak Beras yang didirikan pada tahun 1838 oleh KH Abdussalam, dan Ponpes Darul Ulum Peterongan yang didirikan oleh KH Tamim Irsyad di Rejoso pada 1885. Keempat pondok inilah yang merupakan pusat penyebaran Islam di Jombang Jawa Timur. Dan di sini pulalah budaya nyantri lahir dan berkembang.
                
2.   Sumenep
Sumenep adalah kota santri, itu tidak bisa di bantah. Hampir di setiap jengkal tanah ada surau, tempat mengaji kitab suci, lebih besar lagi ada pesantren yang belajar kitab-kitab klasik dan ilmu fasih dan ilmu lainya. Setiap desa di kota sumenep hampir ada santrinya.

3.   Gresik
Dinamakan kota santri karena kota gresik terkenal dengan masyarakat yang masih religius. Dalam hal ini mayoritas masyarakat gresik memeluk agama islam. Kota ini juga merupakan kota asal salah satu wali songo.


K


ediri
Kediri termasuk kota santri karena saking banyaknya pondok pesantren yang ada di daerah ini. Salah satu pondok pesantren yang terkenal dan terbesar adalah pondok lirboyo.

5.   Martapura
Kota ini juga bergelar serambi makkah (selain Kota Aceh). Karena nafas Islami sangat terasa di kota ini. Kota ini menjadi salah satu rujukan menuntut ilmu Agama Islam di Indonesia. Salah satu pesantren tertua di kota ini adalah pesantren Darussalam yang banayak mencetak para ulama yang menyebarkan ke seluruh wilayah Kalimantan dan luar pulau. Saat ini jumlah santri dan santriwati di pondok pesantren ini sudah mencapai belasan ribu. Setiap hari kita bisa melihat di ruas jalan kota hilir mudik para santri yang mengikuti pengajian dan kegiatan lain yang bernafas islami. Shobat ada yang mau mondok ke situ? Nanti setelah lulus bagi-bagi ilmu ya!
 
6.   Banten
Banten merupakan salah satu daerah yang berada di Indonesiayang memiliki sejarah panjang. Bahkan sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka. Banten tempatnya para santri, ahli agama, dan dikenal sebagai kota santri. Ajaran islam di Banten bukanlah hal langkah. Bahkan sudah mendarah daging bagi masyarakatnya. Dan sudah sangat kental. Hampir sebagian besar masyarakat Banten belajar di pesantren baik salaf maupun kholafi. Pengajian di sana sangatlah beragam. Mulai dari pengajian untuk anak, ibu-ibu, bapak-bapak, remaja dan umum. Ada juga pengajian mingguan dan bulanan. Mencari pengajian di sana bukanlah hal yang sulit. Di setiap sudut desa pasti ada pengajian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto