Jumat, 29 Januari 2016

Menghibur Orang Lain



Sedih dong kalau kita melihat Shobat kita lagi cemberut. Setelah ditanya ternyata dia sedang punya masalah. Nah, agar dia bisa jadi gembira ;agi dan kita tidak dicemberuti lagi, bagaimana kalau kita mencoba menhibur mereka. Banyak cara yang bisa Shobat tempuh tapi untuk lebih memudahkan coba deh ikuti tips dari Kamus berikut ini.
1.      Menceritakan lelucon
Denga bercerita paling tidak dia akan jadi perhatian dengan cerita kita apalagi kalau ceritanya ada lucunya pasti deh dia akan tertawa dan melupakan masalahnya.

2.    Mempersilahkan dia agar meluapkan emosi
Setiap masalah pasti butuh luapan emosi atau kada berupa tangisan, nah sebagai sahabat kita kudu siap untuk menerima curhatan dia dan kalau bisa mencari solusinya bersama-sama. Dengan demikian ia sekarang merasa tidak sendirian lagi menghadapi masalah tersebut.

3.    Mengajak ke tempat yang ia sukai
      Jika teman kita  sedang sedih ajaklah dia ke tempat yang ia sukai yang belum pernah ia datangi, contoh jalan-jalan ke mall, pegunungan, atau ke tempat pariwisata, berangkat pagi pulang sore dengan mengajak ke tempat yang ia sukai akan terlepas dengan sendiri masalah yang ada di  fikirannya.

4.    Kumpul dengan teman
Ajak dia untuk ngumpul sama teman untuk menghilangkan rasa  sedih, seperti bercanda bareng temen, tawa bersama, dan pasti membuat suasana menjadi rame, lucu, seru, dan bisa menghilangkan beban dan masalah pada diri kita dengan sendirinya.

5.    Mengajak Bercanda
Ketika teman kita sedih usahakan kita mengajaknya bercanda dengan cara lisan secara terus menerus hingga dia tersenyum. Tunjukkan pada dia bahwa kalian juga berempati pada permasalahannya tapi ajak juga mereka bercengkrama, ngomong terus menerus agar dia lupa dengan masalahnya/

6.    Memberikan Semangat
Semangat sangatlah dibutuhkan ketika seseorang sedang mengalami kesusahan, maka kita sebagai teman usahakan saling menyemangati teman kita yang sedang mengalami kesusahan.

7.    Berilah Barang yang Ia Sukai
Agar ia bisa berterimakasih padamu, setelah itu tersenyumlah dan ajak jalan-jalan agar dia lebih rileks.
  
- Berikan tanggapan seperlunya saja dan tepat.
Meskipun dalam banyak hal dia hanya ingin bercerita saja, namun adakalanya dia menginginkan tanggapan kita, tapi seringkali banyak tanggapan yang justru membuat dia semakin sedih. Kita harus memberikan tanggapan yang sesuai dengan masalah yang sedang di hadapinya, jangan samapi asal bicara.
  
Menyanyikan lagu kesukaannya
Dengan cara seperti ini biasanya orang akan senang jika dinyanyikan lagu kesukaannya, namun jangan pernah menyayikan lagu kesukaannya jika ada hubungannya dengan hal-hal yang membuat ia sedih.
-  Berdoa
 Ingatkan pada dia bahwa segala cobaan berasal dari Allah SWT, maka semua juga harus dikembalikan kepadaNya. Caranya ajaklah ia berdoa dengan khusyu’ agar Allah SWT melempangkan jalannya, sehingga cobaan cepat berlalu darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Anda masuk ke dalam komunitas Majalah Kamus,majalah yang dikelola oleh Siswa-siswi MI. MTs.MA. Al-Musthofa Canggu Jetis Mojokerto